| 0 comments ]
blackberryMisteri apakah Presiden Obama boleh menggunakan BlackBerry akhirnya terungkap. Obama boleh menggunakan BlackBerry kesayangannya itu dengan tambahan teknologi yang disebut SecureVoice.

BlackBerry top-secret 8830 sudah dalam tahap akhir pengembangan oleh Lembaga Keamanan Nasional (NSA) AS. Handset itu terlebih dulu harus melalui cek, apakah software enskripsinya memenuhi standar federal. Handset ini akan siap dalam beberapa bulan ke depan.

Jika sudah selesai, Obama akan dapat mengirim teks, email dan menelepon dengan software pengaman yang dipasang di perangkat itu. Pembantu utama Obama, serta ibu negara Michelle Obama juga akan menggunakan perangkat sama.

software yang digunakan untuk mengamankan personal digital assistant (PDA) itu disebut SecureVoice, dibuat oleh Genesis Key Inc di Washington. software itu akan mengubah BlackBerry 8830 atau Curve apapun, menjadi handset top-secret untuk melakukan penggilan telepon, berkirim email, streaming video juga akses Internet.

Chairman Genesis Key, Steven Garrett mengungkapkan optimismenya bahwa Obama akan bisa menggunakan BlackBerry-nya lagi. "Dengan serangan cyber dari luar negeri, sangat penting bagi presiden memiliki BlackBerry benar-benar aman hingga tingkat top-secret," kata Gary S Elliott, Chief Information Assurance Officer Genesis yang juga pakar ancaman perang cyber.

Obama dipaksa menyerahkan BlackBerry-nya setelah diambil sumpah, karena khawatir komunikasi dan email akan disadap oleh hacker atau oleh negara asing.

Untuk sementara, Obama menggunakan dua handset, BlackBerry dan hadled yang dibuat oleh NSA disebut Sectera Edge. BlackBerry presiden harus disambungkan ke Sectera yang dibuat oleh General Dynamics sehingga ukurannya menjadi sangat tebal.

software baru diharapkan bisa mengatasi permasalahan itu. software itu dibuat oleh Genesis Key dengan bantuan insinyur Research In Motion di Toronto yang membuat BlackBerry. Lembaga komunikasi Gedung Putih yang merupakan bagian dari sistem agen pertahanan informasi Pentagon bekerja sama dengan NSA dalam proyek itu.

Namun hacker terkenal Kevin Mitnick masih mengkhawatirkan BlackBerry Obama yang sudah dilengkapi software super enskripsi. “Enskripsi justru membuat usaha penjebolan lebih menantang dan pasti bisa ditembus,” kata Mitnick.

Mitnick pernah diganjar lima tahun penjara, setelah mengaku melakukan hacking. Perusahaan yang dihacking tak main-main adalah penyedia layanan telekomunikasi dan komputer terbesar di AS pada masa 1990-an.

Mitnick kini mengelola perusahaan keamanan cyber bernama Security Consulting. Ia menjelaskan, untuk menyerang BlackBerry Obama bisa dimulai dari lingkaran teman dekat Obama, keluarga serta koleganya. "Yang perlu diserang adalah email Obama yang ada di BlackBerry-nya," katanya.

Menurut Mitnick orang yang dikenal Obama akan menjadi korban yang mudah diserang. Terutama perangkat komputer atau gadget yang ada di rumah, lebih mudah ditembus.

Jika alamat email Obama sudah diketahui, hacker secara teori dapat mengirim email dan dengan segala tipu daya agar Obama terjebak. Cara yang bisa dilakukan misalnya dengan memancing agar Obama mengunjungi situs tertentu yang sudah direkayasa dan terdapat kode penyerang.

Artikel Terkait:

0 comments

Post a Comment

Silahkan menuliskan komentar ada disini, Terima kasih, komentar anda sangat berarti untuk tips-trick-successfull

-->